Halloween party ideas 2015


~Naik Haji Bersama Imam Ibnu Mubarak...~

Adalah Ibnu Mubarak apabila datang musim haji maka orang-orang dari penduduk Muru berkumpul di sisi beliau sambil mengatakan, "Kami ingin pergi haji bersama Anda."

Beliau mengatakan, "Mari, sini kumpulkan harta perbekalan kalian." Beliau lalu mengumpulkan bekal mereka dan meletakannya di sebuah kotak kemudian menguncinya.

Selanjutnya, beliau berkumpul dan keluar bersama-sama dari Muru menuju Baghdad sedang beliau yang menanggung semua kebutuhan perjalanan mereka. Beliau memberi makan dengan makanan yang paling mewah dan menjamu mereka dengan buah-buahan yang lezat.

Dari sana kemudian mereka melanjutkan perjalanan keluar dari Baghdad dengan pakaian yang paling indah dan bagus sampai akhirnya mereka sampai di kota Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Sesampainya di sana, beliau menanyai mereka satu persatu, "Apa yang engkau inginkan sebagai oleh-oleh untuk keluargamu?"

Mereka menjawab, "Ini dan itu," dan beliau membelikannya.

Lalu mereka keluar dari Madinah menuju Makah. Ketika mereka telah selesai melaksanakan manasik ibadah haji, beliau bertanya kembali pada setiap orang, "Hadiah apa yang engkau sukai untuk diberikan kepada keluargamu dari cendera mata Kota Makah?

Mereka menjawab, "Ini dan itu," lalu beliau membelikannya.

Kemudian mereka keluar dari Makah untuk kembali ke kampung halaman, dan beliaulah yang menanggung semua biaya perjalanan sampai akhirnya mereka tiba di Muru dan kembali kerumahnya masing-masing.

Tiga hari sesudah kepulangan mereka, beliau mengundang dan menjamu mereka untuk makan-makan di rumah beliau. Tatkala mereka sudah selesai makan dan merasa senang, beliau meminta pegawainya untuk mengambilkan kotak yang berisi uang perbekalan mereka dahulu sebelum berangkat haji. Beliau membuka kotak tersebut lalu mengembalikan kepada mereka semua sesuai dengan nama-nama yang tercantum di dalamnya.

Beliau pernah ditegur karena lebih memilih untuk membagi-bagikan hartanya di negeri yang jauh dan kurang mementingkan negerinya sendiri.

Beliau menjawab, "Sesungguhnya aku mengetahui tempat orang-orang yang punya keutamaan, jujur, dan senang mengumpulkan hadits dan tekun di dalam mencarinya demi kebutuhan manusia terhadap mereka jikalau mereka membutuhkan.

"Jika sekiranya kita acuhkan mereka, tentu akan sia-sia ilmu yang mereka miliki. Dan bila kita bantu mereka, maka mereka akan mudah untuk menyebarkan ilmunya kepada umatnya Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam. Aku tidak mengetahui sesuatu yang lebih utama setelah kenabian kecuali lembaga pendidikan."

Inilah pesan tersirat bagi para pebisnis agar mereka senang untuk menginfakkan hartanya kepada para fakir, orang-orang yang membutuhkan, penuntut ilmu, program kebaikan, serta yayasan sosial. Sesungguhnya, dengan melakukan hal tersebut akan menjadikan harta dan kekayaannya berbarokah.

Disebutkan dalam sebuah hadits yang dikeluarkan oleh Imam Ahmad dari Amr bin Ash radhiyallahu 'anhu, beliau berkata bahwa Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

نِعْمَ الْمَالُ الصَّالِحُ لِلْمَرْءِ الصَّالِحِ


"Nikmatnya harta yang baik ketika berada di tangan orang-orang yang saleh," [HR Ahmad: 17763].

Di dalam hadits yang lain dijelaskan dari Abu Hurairah radhiyallahuanhu, beliau berkata, "Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا


"Tidaklah pagi menyapa seorang hamba melainkan ada dua malaikat yang turun kepadanya. Lalu salah satunya berdo'a: "Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak". Sedang satunya lagi berdo'a: "Ya Allah, berilah kebinasaan bagi harta orang yang pelit," [HR Bukhari: 1442. Muslim: 1010].

Di dalam riwayat Imam Muslim dijelaskan bahwa Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَال


"Sedekah tidak akan mengurangi sedikitpun dari harta benda," [HR Muslim: 2588].

Sumber:
Imam Ibnu Mubarak, karya Syeikh Amin Abdullah Asy-Syaqaawi.
===============
MAKLUMAT: Undangan Berkunjung ke PPTQ At-Taqwa & Berpartisipasi dalam Program Pembangunan Pondok Tahap IV, klik > http://goo.gl/em7HV8
===============
Untuk berlangganan tausiyah:
Telegram.me/pptqattaqwa
Facebook.com/pptqattaqwa
WA: +6285647172180
www.el-taqwa.com
===============
Donasi PPTQ At-Taqwa Nguter, Sukoharjo:
(BRI): 6913-01-018205-53-4
a/n PP Tahfizhul  Qur'an At-Taqwa
Konfirmasi: +6285647172180
Diberdayakan oleh Blogger.