Halloween party ideas 2015

Pertanyaan:
Bagaimana hukum Puasa Asy-Syura (10 Muharram)? Mana yang lebih baik, puasa sehari sebelumnya, atau sehari sesudahnya, atau selama tiga hari, atau hanya di Hari Asy-Syura saja? Mohon penjelasannya tentang hal ini. Semoga Allah membalas Anda dengan pahala terbaik!

Jawaban oleh Syeikh Abdul Aziz bin Baaz Rahimahullah untuk Lajnah Daimah

Adalah sunnah untuk menjalankan puasa Hari Asy-Syura berdasar beberapa hadist shahih yang menyatakan bahwa Rasulullah melakukan hal tersebut.

Rasulullah menjelaskan bahwa umat Yahudi pun terbiasa melakukan puasa di hari itu karena di hari itulah Allah menyelamatkan Nabi Musa Alaihissalam dan umatnya, serta menghancurkan Fir'aun dan kaumnya.

Oleh karena itu, Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam melakukan puasa Asy-Syura untuk mengungkapkan rasa sukur kepada Allah, serta menasihati umat Islam untuk melakukan hal yang sama, serta memerintahkan kita untuk menambah puasa sehari sebelumnya atau sesudahnya.

Akan tetapi, melakukan puasa di hari ke-9 dan ke-10 Muhartam adalah lebih baik daripada puasa di hari ke-10 dan ke-11 Muharram. Meski begitu, puasa tanggal 10-11 Muharram sudah mencukupi untuk mengingkari orang-orang Yahudi. Seseorang juga boleh melakukan puasa selama tiga hari, seperti tanggal 9, 10, dan 11 Muharram sebagaimana diriwayatkan dalam beberapa hadist, "Berpuasalah sehari sebelumnya dan sehari setelahnya."

Akan tetapi, makruh hukumnya untuk melakukan puasa Asy-Syura hanya di hari Asy-Syura (10 Muharram) saja, tanpa membarenginya dengan puasa sehari sebelumnya atau sesudahnya. Baarakallahu fiikum!

Sumber:
http://www.alifta.net/Fatawa/FatawaChapters.aspx?languagename=en&View=Page&PageID=159&PageNo=1&BookID=10

Diterjemahkan oleh:
Irfan Nugroho
Staf pengajar Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah.
====================
šŸ‘Zakat, infak, atau sedekah Anda untuk Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo bisa melalui transfer ke No. Rek (BRI): 6913-01-018205-53-4 a/n PP Tahfizhul  Qur'an At-Taqwa

šŸ“©Berlangganan tausiyah dari Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo . Ketik "GABUNG" kirim via Whatsapp ke: +6285647172180

šŸ”ŠRaih pahala dengan berbagi konten bermanfaat
Diberdayakan oleh Blogger.