Halloween party ideas 2015


Pertanyaan:
Apakah bidah mengucapkan “Shadaqallahul Adzim” setelah membaca Al-Quran?

Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqiti
Segala puji hanya bagi Allah , Rabb semesta alam. Selawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad , keluarganya, dan sahabatnya.

Tidak diragukan lagi bahwa Allah adalah yang Mahabenar, sebagaimana di dalam firmanNya:

... وَمَنۡ أَصۡدَقُ مِنَ ٱللَّهِ قِيلٗا ١٢٢

“...Dan siapakah yang lebih benar perkataannya dari pada Allah...” (QS Al-Baqarah [2]: 122).

Tentang ucapan “Shadaqallahul Adzim,” maka hal itu adalah suatu bentuk zikir yang tidak dibatasi. Jadi, mengucapkannya di satu waktu tertentu, tempat tertentu, atau keadaan tertentu adalah tidak memiliki dasar, tidak memiliki hujjah (dalil) dari Al-Quran maupun Sunah.

Jadi, kami nyatakan di sini bahwa tidak boleh menggunakan bentuk zikir seperti ini setelah membaca Al-Quran. Dengan kata lain, ucapan tersebut adalah suatu bidah, karena tidak didukung sama sekali oleh dalil dari As-Sunnah.

Jadi, seorang pembaca Al-Quran disarankan untuk diam di akhir bacaannya karena ada sebuah hadis sahih bahwa Rasulullah bersabda, “Sudah, cukup,” ketika beliau meminta Ibnu Mas’ud Radhiyallahuanhu untuk menghentikan bacaannya, (HR Bukhari).

Artinya, seorang Muslim wajib mencari dalil dari Sunah Rasulullah , lalu mengamalkannya, bukan membuat inovasi (bidah) dalam kata-kata ataupun perbuatan.

Meski demikian, kami berpikir bahwa perbuatan seperti ini adalah hasil dari jauhnya seseorang dari majelis ilmu. Inilah yang membuat para penuntut ilmu terus mengulangi perbuatan seperti ini (mengucapkan Shadaqallahul Adzim setelah membaca Al-Quran) dan berpendapat bahwa hal itu adalah Sunah, padahal bukan.

Wallahu’alam bish shawwab.

Fatwa: 84068
Tanggal: 16 Safar 1423 (29 April 2002)
Sumber:
http://www.islamweb.net/emainpage/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=84068

Sukoharjo, 27 Februari 2016
Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa
Nguter, Sukoharjo-Jawa Tengah
Diberdayakan oleh Blogger.