Halloween party ideas 2015


Pertanyaan:
Apakah benar bahwa Surat Taha dan Surat Yasiin ditulis sebelum penciptaan bumi dan langit?

Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqiti
Segala puji hanya bagi Allah, Raab semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Illah yang hak untuk diibadahi kecuali Allah ﷻ dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.

Setelah melakukan investigasi, kami tidak menemukan adanya keganjilan dengan kedua surat tersebut. Tetapi memang Alquran itu ditulis di Lauhul Mahfud sebelum penciptaan langit dan bumi, sebagaimana disebutkan oleh Ibnul Qayyim Rahimahullah di dalam kitabnya, Sifaul Aliil.

Di kitab tersebut beliau mengutip firman Allah ﷻ:

حمٓ ١  وَٱلۡكِتَٰبِ ٱلۡمُبِينِ ٢  إِنَّا جَعَلۡنَٰهُ قُرۡءَٰنًا عَرَبِيّٗا لَّعَلَّكُمۡ تَعۡقِلُونَ ٣ وَإِنَّهُۥ فِيٓ أُمِّ ٱلۡكِتَٰبِ لَدَيۡنَا لَعَلِيٌّ حَكِيمٌ ٤ 

“Haa Miim, Demi Kitab (Al Quran) yang menerangkan, Sesungguhnya Kami menjadikan Al Quran dalam bahasa Arab supaya kamu memahami(nya), Dan sesungguhnya Al Quran itu dalam induk Al Kitab (Lauh Mahfuzh) di sisi Kami, adalah benar-benar tinggi (nilainya) dan amat banyak mengandung hikmah,” (QS Az-Zukhruf [43]: 1-4).

Ibnu Abbas Radhiyallahuanhu, ketika menafsirkan ayat di atas, berkata: “Makna Induk Al-Kitab adalah Lauhul Mahfud.”

Muqatil berkata:

“Transkripsinya ada di kitab asal, yaitu Lauhul Mahfud, atau Induk Kitab, yang bermakna asal kitab dan induk dari segala hal. Allah telah menulis Alquran di dalam Lauhul Mahfud sebelum penciptaan bumi dan langit, sebagaimana firmanNya:

 بَلۡ هُوَ قُرۡءَانٞ مَّجِيدٞ ٢١  فِي لَوۡحٖ مَّحۡفُوظِۢ ٢٢ 

“Bahkan yang didustakan mereka itu ialah Al Quran yang mulia, yang (tersimpan) dalam Lauh Mahfuzh,” (QS Al-Buruj [85]: 21-22).

“Seluruh sahabat, juga para tabiin, dan Ahlus Sunnah dan Ahli Hadis bersepakat dalam satu konsensus bahwa segala sesuatu yang akan terjadi sampai Hari Kiamat telah tertulis di dalam Kitab Induk (Lauhul Mahfud), dan Alquran mengindikasikan bahwa Allah Rabb semesta alam telah menulis di Lauhul Mahfud apa-apa yang Allah perbuat dan apa-apa yang Allah firmankan. Allah ﷻ menulis perbuatanNya dan firmanNya di Lauhul Mahfud; sebagai contoh di dalam firmanNya:

تَبَّتۡ يَدَآ أَبِي لَهَبٖ وَتَبَّ ١ 

“Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa,” (QS Al-Masad [111]: 1).

“Di dalam ayat tersebut, Allah menyebutkan nasib Abu Lahab sebelum Abu Lahab diciptakan.”

Wallahu’alam bish shawwab.

Fatwa No: 309664
Tanggal: 7 Rabiul Akhir 1437 (18 Januari 2016)

Sumber:
http://www.islamweb.net/emainpage/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=309664

Penerjemah: Irfan Nugroho
Staf pengajar di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Sukoharjo

Diberdayakan oleh Blogger.