Halloween party ideas 2015


Pertanyaan:
Saya memiliki keponakan usia delapan tahun dan suatu saat ia mendatangi saya untuk bertanya tentang apa itu Syiah. Saya tidak tahu apa yang harus saya katakan, tetapi saya jelaskan bahwa kelak ia akan mengetahuinya ketika dewasa. Meski demikian, ia tidak menyukai jawaban saya. Setelah itu, keponakan saya lainnya yang berusia 10 tahun mengatakan padanya, “Saya seorang sunni,” maka ia justru mengatakan, “Saya seorang Syiah.” Bagaimana saya menjawabnya dengan tepat di usianya yang masih beliau dan bagaimana meyakinkannya?

Jawaban oleh Syeikh Muhammad bin Shalih Al-Munajjid

Alhamdulillah…
Jika seorang anak bertanya tentang Syiah, jelaskan ke dia bahwa penganut Syiah bukanlah orang yang baik. Mereka melakukan perbuatan dosa dan maksiat; mereka menghina para sahabat dan istri-istri Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam, padahal mereka (para sahabat –pent.) adalah manusia terbaik setelah Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam. Kita (umat Islam –pent.) tidak menyukai mereka karena hal-hal tersebut.

Jika si anak tadi telah melihat mereka (penganut Syiah –pent.) di TV mengusap-usap kuburan atau merayakan hari Asyura, jelaskan ke dia bahwa apa yang sedang mereka lakukan adalah sesuatu yang tidak diperbolehkan. Kita tidak menyembah apapun kecuali Allah semata, kita tidak bersujud (menyembah –pent.) kepada kuburan atau kepada suatu makhluk pun, dan kita tidak melukai diri sendiri atau bahkan anak-anak kita.

Dengan demikian, si anak akan memahami bahwa orang-orang ini bukanlah orang yang baik, tetapi sesat dan menyimpang. Informasi (tentang kesesatan Syiah –pent.) yang diberikan kepada seorang anak hendaknya menyesuaikan dengan tingkat pemahamannya.

Untuk mengoreksi apa yang telah terjadi (pada kasus si penanya –pent.), harus dikatakan kepada si anak, “Kita ini Sunni. Kita mengikuti Sunnah Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam dan kita tidak akan membuat inovasi (bid’ah) di dalam beragama. Kita tidak melakukan apa yang dilakukan oleh orang-orang tersebut (penganut Syiah –pent.). Jika si anak tadi mampu melihat beberapa amal kesesatan penganut Syiah, hendaknya ia didampingi dengan peringatan yang jelas tentangnya. Anda juga bisa merujuk kepada situs-situs web yang terpercaya, yang antisyiah dan mampu menjelaskan bahwa Syiah adalah kelompok yang sesat. Wallahu’alam bish shawwab.

Sumber:
http://islamqa.info/en/45638

Penerjemah:
Irfan Nugroho
Staf pengajar Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah.

====================
šŸ‘Zakat, infak, atau sedekah Anda untuk Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo bisa melalui transfer ke No. Rek (BRI): 6913-01-018205-53-4 a/n PP Tahfizhul  Qur'an At-Taqwa

šŸ“©Berlangganan tausiyah dari Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo . Ketik "GABUNG" kirim via Whatsapp ke: +6285647172180

šŸ”ŠRaih pahala dengan berbagi konten bermanfaat
Diberdayakan oleh Blogger.