Halloween party ideas 2015


Manusia adalah makhluk yang tidak bisa terlepas dari dosa dan kesalahan. Pun demikian ketika ia tengah berada di suatu majelis yang di dalamnya disebut asma-asma Allah dan syariat-Nya yang agung.

Itulah kenapa Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam menganjurkan kepada kita sebuah doa yang bila terucap dari lisan yang tulus, maka dosa-dosa yang kita perbuat selama menghadiri suatu majelis akan diampuni oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Doa tersebut adalah:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

(Subhanaka Allahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaha illa Anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik)

Artinya: Maha Suci Engkau Ya Allah, tidak ada llah yang berhak disembah selain Engkau. Aku memohon ampunan dan taubat kepada-Mu.

Lafal doa tersebut bisa ditemukan di dalam Musnad Ahmad dan Sunan Ad-Darimi. Keduanya meriwayatkan doa tersebut dari Abu Barzah Al-Aslami.

Doa yang hampir serupa (dengan lafal yang sedikit berbeda) juga terdapat di dalam Sunan An-Nasa'i dan Shahih Muslim dari jalur Ibunda 'Aisyah Radhiyallahuanha, di mana Rasulullah membaca:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

(Subhanaka Allahumma wa bihamdika astaghfiruka wa atuubu ilaik)

Artinya: Ya Allah, Maha Suci Engkau dan segala pujian bagi-Mu. Aku mohon ampunan dan bertaubat kepada-Mu.

Ketika ditanya oleh Ibunda Aisyah Radhiyallahuanha tentang faidah doa tersebut, Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

إِنْ تَكَلَّمَ بِخَيْرٍ كَانَ طَابِعًا عَلَيْهِنَّ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَإِنْ تَكَلَّمَ بِغَيْرِ ذَلِكَ كَانَ كَفَّارَةً

"Jika bicara baik maka itu sebagai tanda (stempel) sampai hari kiamat dan jika bicara yang tidak baik maka itu sebagai kafarat/penghapusnya." Wallahu a'lam bish shawwab.

Akhukum fillah
Irfan Nugroho
*Staf pengajar Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo
Diberdayakan oleh Blogger.