Halloween party ideas 2015

Sebuah pelajaran hidup yang sangat berharga di Pesantren Tahfiz At-Taqwa Sukoharjo. Ada banyak sekali kenangan di pesantren ini bersama para asatiz dan teman seangkatan kami.

Sekitar 9 atau 10 tahun yang lalu, kami masih begitu muda belia, belum lama lulus dari setingkat SD, dan masih mencari jati diri serta tujuan hidup. 

Untuk mengisi sela-sela waktu antara tahfiz dan dirasah, kami sering sekali berbincang-bincang dengan teman di pesantren, bahkan dengan para asatiz. 

Perbincangan kami dengan teman-teman, bahkan dengan para Asatiz, kala itu hanya berkutat pada hal-hal yang dianggap remeh tanpa adanya qimah.

Meski demikian, para Asatiz mendengar cerita kami dengan penuh antusias. 

Sungguh, ada perhatian dan (maaf) telinga para Asatiz yang menyimak cerita-cerita kami dengan hadirnya hati.

Padahal kalau kami pikir saat ini, di usia kami sekarang ini, apa yang kami obrolkan dengan para asatiz saat itu sebenarnya sangat-sangat sepele.

Ternyata, itu adalah satu dari sekian cara mereka, para Asatiz, mengontrol kami selama dua puluh empat (24) jam di pesantren.

Alih-alih menjalankan tugas pengontrolan dengan gaya militer, para Asatiz mendekati kami, mendengarkan cerita-cerita kami. 

Dari situ pula mereka mendidik, membimbing dan mengarahkan kami pada kebaikan, walaupun saat itu belum terbesit di benak saya untuk apa mereka memperlakukan kami seperti ini. 

Seiring berjalannya waktu, akhirnya kami tahu apa tujuan mereka mendidik, membimbing dan mengarahkan kami. 

Mereka, para Asatiz kami, sangat menginginkan kami menjadi orang baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Sampai saat ini ada satu nasihat dari ustaz Pesantren At-Taqwa yang selalu terngiang-ngiang di pikiran saya yaitu: 

"Bertakwalah kepada Allah di mana pun kamu berada. Ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang baik."

Wallahi, jangan pernah sekali-kali meremehkan nasihat ini. Memang terdengar biasa, tetapi bagi kami, nasihat itu maknanya sangat luar biasa!

Mumtaz Taqiyuddin
Alumni #1 PPTQ At-Taqwa, sedang menempuh studi di Markaz Darul Hadits Yaman 
~~~
Yuk daftarkan putra/putri kita yang saat ini kelas 6 SD/MI di PPTQ At-Taqwa Sukoharjo sebelum 15 November 2022. Info selengkapnya di sini: bit.ly/daftarATTAQWA
Diberdayakan oleh Blogger.