Halloween party ideas 2015


Pertanyaan:
Apa yang seharusnya dilakukan ketika kita memasuki masjid dan mendengar seseorang sedang membaca Al-Quran dengan suara yang keras?

Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, diketuai oleh Syeikh Abdullah Faqih Asy-Syinqiti
Segala puji hanya bagi Allah, Raab semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Illah yang hak untuk disembah kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.

Jika Anda memasuki masjid dan menemukan seseorang yang membaca Quran dengan suara keras, maka berjalanlah mendekatinya, sapa dia dengan salah, lalu jelaskan kepadanya dengan cara yang lembut dan santun, bahwa apa yang sedang dia lakukan itu bertentangan dengan syariat, karena tidak seharusnya dia mengganggu orang-orang yang sedang beribadah dengan bacaannya yang nyaring.

Ingatkan dia bahwa Rasulullah keluar menemui orang-orang yang sedang melakukan salat sembari membaca Al-Quran dengan suara yang nyaring, maka beliau berkata kepada mereka:

ألا كلكم مناج ربه فلا يؤذين بعضكم بعضا ولا يرفعن بعضكم على بعض في القراءة

Ingatlah bahwa kalian semua sedang bermunajat kepada Raab kalian, maka sekali-kali janganlah kalian mengganggu yang lain, dan jangan meninggikan suara dalam membaca Al-Quran,” (HR Ahmad. Al-Albani: Sahih).

Besar kemungkinan apabila Anda mengikuti cara seperti ini dalam menasihatinya, dia akan menurut, in sya Allah; atau jika tidak, maka Anda telah melakukan apa yang seharusnya Anda lakukan dan akan terbebas dari dosa.

Wallahu’alam bish shawwab

Fatwa Nomor: 308032
Tanggal: 24 Rabiul Awal 1437 (5 Januari 2016).

Sumber:
http://www.islamweb.net/emainpage/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=308032

Penerjemah:
Abu Muhammad Al-Irfani
Staf pengajar di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Sukoharjo


Diberdayakan oleh Blogger.