Halloween party ideas 2015



Dari Ibnu Abbas Radhiyallahuanhu ia berkata, pada suatu hari aku membonceng Rasulullah kemudian dia bersabda kepadaku, "Wahai anak muda, aku akan mengajarimu beberapa perkara:

احْفَظْ اللَّهَ يَحْفَظْكَ

1. Jagalah Allah niscaya Dia akan menjagamu.

"Jika engkau mengamalkan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangannya, niscaya Allah akan menjaga urusanmu di dunia dan di akhirat," [Syeikh Jamil Zainu].

احْفَظْ اللَّهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ

2. Jagalah Allah, niscaya engkau akan mendapatin-Nya di hadapanmu.

"Jika engkau memelihara hukum-hukum Allah dan memelihara hak-hak-Nya, niscaya engkau akan mendapati Allah senantiasa memberimu taufik dan pertolongannya kepadamu," [Syeikh Jamil Zainu].

إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلْ اللَّهَ وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ

3. Jika engkau meminta sesuatu, mintalah kepada Allah, dan jika engkau meminta tolong, mintalah kepada Allah.

"Jika engkau menginginkan pertolongan Allah atas urusanmu di dunia atau di akhirat, mintalah kepada Allah, terutama untuk urusan yang tidak ada yang sanggup memberi pertolongan kecuali Allah semata, seperti kesembuhan dari penyakit, atau rejeki.

وَاعْلَمْ أَنَّ الْأُمَّةَ لَوْ اجْتَمَعَتْ عَلَى أَنْ يَنْفَعُوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَنْفَعُوكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللَّهُ لَكَ وَلَوْ اجْتَمَعُوا عَلَى أَنْ يَضُرُّوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَضُرُّوكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللَّهُ عَلَيْكَ رُفِعَتْ الْأَقْلَامُ وَجَفَّتْ الصُّحُفُ

4. "Ketahuilah sesungguhnya jika seluruh manusia bersatu untuk memberimu manfaat, maka mereka tidak akan memberi manfaat apa pun selain yang telah ditakdirkan Allah untukmu. Seandainya bila mereka bersatu untuk membahayakanmu, mereka tidak akan membahayakanmu sama sekali kecuali yang telah ditakdirkan Allah kepadamu. Pena-pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering (maksudnya takdir telah ditetapkan)," [HR Tirmidzi].

"Seorang muslim hendaknya mengimani takdir yang telah ditetapkan Allah atasnya, baik itu takdir yang baik atau pun takdir yang buruk," [Syeikh Jamil Zainu].

Pelajaran dari hadist di atas antara lain:
1. Rasulullah sangat cinta kepada anak-anak. Beliau memboncengkan Ibnu Abbas dan memanggilnya dengan, "Yaa Ghulam.." (Wahai anak muda..).

2. Perintah kepada orang tua agar memerintahkan anak-anak mereka menaati Allah dan menjauhkan mereka dari kemaksiatan demi kebahagiaan mereka di dunia dan di akhirat.

3. Allah akan menolong seorang mukmin yang sedang mengalami kesulitan apabila ia mau memenuhi hak-hak Allah dan hak-hak manusia ketika ia dalam keadaan lapang, sehat, dan kaya raya.

4. Perintah kepada orang tua agar menanamkan akidah tauhid di dalam jiwa anak dengan menyuruh mereka untuk meminta sesuatu atau pertolongan hanya kepada Allah.

5. Menetapkan akidah keimanan terhadap takdir yang baik dan yang buruk karena itu merupakan bagian dari rukun iman.

6. Perintah kepada orang tua agar mendidik anak-anak mereka bersikap optimis agar bisa menghadapi hidup dengan penuh keberanian dan harapan, serta menjadi pribadi yang bermanfaat bagi umatnya.

Sumber:
Zainu, Jamil. 2005. Seruan kepada Pendidik dan Orang Tua. Solo: Pustaka Barokah.
===============
Telegram: telegram.me/pptqattaqwa Website: http://www.el-taqwa.com
Whatsapp: +6285647172180
Facebook: facebook.com/pptqattaqwa
===============
Donasi untuk Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo:
(BRI): 6913-01-018205-53-4
a/n PP Tahfizhul  Qur'an At-Taqwa
Konfirmasi: +6285647172180
Diberdayakan oleh Blogger.