Halloween party ideas 2015



Allah menghendaki bahwa lupa adalah tabiat manusia. Allah juga menghendaki bahwa kemampuan intelektual dan daya ingat manusia berbeda-beda.

Hal ini ternyata memiliki hikmah yang agung, yakni agar sifat lupa tersebut menjadi pemacu bagi seorang penuntut ilmu agar senantiasa mendiskusikan ilmu dan mengulangi pelajaran yang ia dapatkan.

Ali bin Abi Thalib berkata, "Lazimilah saling berkunjung dan mendiskusikan hadist di antara kalian. Janganlah kalian membiarkan ilmu itu hilang begitu saja," [Al-Jami' li Akhlaqir Rowi wa Adabis Sami: I/236].

Abi Abdillah Ja'far bin Muhammad berkata, "Hati itu ibarat tanah, ilmu itu ibarat tanamannya, dan mengulang-ulang ilmu adalah airnya. Bila tanah tidak mendapatkan air, maka tanamannya akan kering," [ Al-Jami' li Akhlaqir Rowi wa Adabis Sami: II/268].

Az-Zuhri berkata, "Sesungguhnya yang menyebabkan hilangnya ilmu adalah sifat lupa dan enggan me-muraja'ah (mengulang-ulanginya)," [ Jami'ul Bayanil Ilmi wa Fadhlihi: I/108].

Imam Nawawi berkata, "Hendaklah penuntut ilmu senantiasa mengulang-ulang hafalannya, senantiasa memusatkan perhatian kepadanya, dan berusaha mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya, serta melazimi kumpul-kumpul bersama penuntut ilmu dalam menyimak ilmu," [Al-Majmu: I/38].

Sumber:
Al-Qorni, Aidh & Karzun, Anas Ahmad. 2008. Tips Belajar Para Ulama. Solo: WIP.
===============
Website: http://www.el-taqwa.com
Whatsapp: +6285647172180
Facebook: facebook.com/pptqattaqwa
Telegram: telegram.me/pptqattaqwa
===============
Donasi untuk Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo:
(BRI): 6913-01-018205-53-4
a/n PP Tahfizhul  Qur'an At-Taqwa
Konfirmasi: +6285647172180
Diberdayakan oleh Blogger.