Halloween party ideas 2015


Pertanyaan:
Seseorang bilang ke saya bahwa tiada guna "menghafal" Quran karena tujuan diturunkannya Quran adalah sebagai petunjuk dan pedoman hidup, tidak untuk dihafalkan. Demikian pula, ia mengklaim bahwa tiada guna belajar tajwid yang benar karena Quran diturunkan agar hukum-hukum di dalamnya diamalkan.

Jawaban oleh Sheikh Nâsir al-Mâjid, professor di al-Imâm University, Riyadh

Salah satu amalan termulia yang melibatkan Quran adalah dengan menghafalkannya dan mempelajarinya. Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Sesiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah akan diganjar satu kebaikan, dan ganjaran kebaikan itu akan dilipatgandakan 10 kali. Aku tidak mengatakan, " Alif Lâm Mîm" sebagai satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lâm satu huruf dan Mîm satu huruf," [HR Tirmidzi].

Hadist tersebut tidak membedakan antara mereka yang mengerti Bahasa Arab dengan mereka yang tidak. Apalagi, contoh yang dipilih oleh Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam bukanlah sebuah ungkapan yang bisa dimengerti oleh orang Arab sekali pun. Meski demikian, ada keutamaan di setiap bacaan (Quran).

Seorang Muslim sudah seharusnya mempelajari Bahasa Arab agar dirinya bisa memahami Al-Quran dan mempelajari agamanya (Islam).

Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Pelajarilah Quran, jagalah ia, dan bacalah ia dengan bacaan yang bagus dan merdu, karena ia lebih mudah terlepas (dari ingatan) daripada unta (yang terlepas) dari ikatannya," [HR Ahmad].

Hadist ini menunjukkan bahwa menghafal Quran adalah suatu amalan yang mulia dan berpahala. Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasalam juga menganjurkan untuk membaca Quran secara tartil, dan beliau juga mendorong kita untuk sering-sering me-murajaah (mengulang-ulang) hafalan Quran agar tidak melupakannya.

Sumber:
http://en.islamtoday.net/node/1497

Terjemah:
Irfan Nugroho*
Staf pengajar Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah.
====================
👍Zakat, infak, atau sedekah Anda untuk Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo bisa melalui transfer ke No. Rek (BRI): 6913-01-018205-53-4 a/n PP Tahfizhul  Qur'an At-Taqwa

📩Berlangganan tausiyah dari Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo . Ketik "GABUNG" kirim via Whatsapp ke: +6285647172180

🔊Raih pahala dengan berbagi konten bermanfaat
Diberdayakan oleh Blogger.