Halloween party ideas 2015


Imam Abu Dawud bercerita tentang sosok ulama salaf, amirul mukminin dalam ilmu hadist, yang pernah menjadi seorang budak tetapi sangat dermawan, Syu'bah bin Al-Hajjaj.

Imam Abu Dawud mengisahkan, "Suatu ketika kami sedang berada di rumah Syu'bah untuk menulis dan menyusun kitab. Tiba-tiba, seorang pengemis datang dan Syu'bah berkata:

"Bersedekahlah kalian, bersedekahlah, bersedelahlah kalian. Bersedekahlah kalian untuk pengemis itu!

"Sungguh, Abu Ishaq menyampaikan kepadaku suatu hadist, dari Abdullah bin Mi'qal, dari Adi bin Hatim, dia berkata, Rasulullah bersabda:

اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ

"Jagalah kalian dari neraka, sekali pun dengan (bersedekah) sebutir kurma," [Muttafaq Alaih].

Lalu, Imam Abu Dawud melanjutkan kisahnya...

Meski telah disampaikan hadist tersebut oleh Syu'bah bin Al-Hajjaj, tetap saja tidak ada yang mau mengeluarkan sedekah. Lantas, Syu'bah berkata:

"Sungguh, Amir bin Murrah menyampaikan satu hadist kepadaku, dari Haitsamah, sari Adi bin Hatim, dia berkata bahwa Rasulullah bersabda:

اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقَّةِ تَمْرَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ شِقَّةَ تَمْرَةٍ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

"Jagalah diri kalian dari neraka sekali pun dengan (bersedekah) setengah biji kurma. Jika kalian tidak memilikinya, maka (bersedekahlah) dengan berkata yang baik," [HR Bukhari].

Meski demikian, tetap saja tidak ada yang mau mengeluarkan sedekah. Maka Syu'bah berkata untuk ketiga kalinya:

"Bersedelahlah kepada pengemis itu! Sungguh, Muhalla Adh-Dhabi menyampaikan satu hadist kepadaku, dari Adi bin Hatim, dia berkata bahwa Rasulullah bersabda:

اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقَّةِ تَمْرَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ شِقَّةَ تَمْرَةٍ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

"Jagalah diri kalian dari neraka sekali pun dengan (bersedekah) setengah biji kurma. Jika kalian tidak memilikinya, maka (bersedekahlah) dengan berkata yang baik," [HR Bukhari].

Dan ketika santri-santrinya tidak ada yang mau mengeluarkan sedekah, maka Syu'bah berkata:

"Pergilah kalian dari rumahku!!! Sungguh, aku tidak akan memberikan hadist kepada kalian selama tiga bulan!"

Maka Syu'bah masuk ke dalam rumahnya dan mengambil makanan yang ada dan memberikannya kepada pengemis itu sambil berkata:

"Ambillah makanan ini, sesungguhnya ini adalah jatah makanan kita hari ini," [Siyar A'lam An-Nubala: 7/227-228].

Imam Muslim bin Ibrahim menyebut Syu'bah sebagai "Bapak sekaligus ibu bagi orang-orang miskin," [Tahdzib Al-Kamal: 12/492].

Yahya bin Said Al-Qahthani berkata, "Syu'bah adalah orang yang paling gemar memberi, khususnya apabila ia masih memiliki harta untuk diberi ke orang lain," [Siyar A'lam An-Nubala: 7/211].

Imam Adz-Dzahabi berkata tentang Syu'bah, "Ia adalah ulama yang bisa dipercaya, seorang yang dapat dijadikan hujjah, seorang yang kritis, bersungguh-sungguh, saleh, zuhud, qana'ah, banyak ilmunya, giat mengamalkan ilmunya, dan orang yang cerdas opininya."

Imam Ahmad bin Hambal berkata, "Syu'bah lebih kuat sari Al-A'masy (Ibnu Utbah) dalam masalah fiqih, dan Syu'bah juga lebih kuat daripada Sufyan At-Tsauri dalam masalah hadist. Syu'bah meriwayatkan dari 30 perawi terpercaya di Kuffah, yang tidak pernah ditemui oleh Sufyan At-Tsauri. Syu'bah adalah orang yang paling unggul dalam masalah hadist."

Nama beliau adalah Syu'bah bin Al-Hajjaj bin Al-Ward Al-Ataki Al-Azdi Abu Bistham Al-Wasathi, budak dari Ubadah bin Al-Aghar, pernah juga menjadi budak dari Yazid bin Al-Mahlab, Qa'nab bjn Al-Mahrar, dan Al-Asyaqir--yang akhirnya membebaskan beliau.

Lahir pada tahun 80 Hijriyah di Kota Kuffah, Iraq. Meninggal di tahun 160 Hijriyah dengan usia 77 tahun.

Diringkas oleh:
Irfan Nugroho
Staf pengajar Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo.

Sumber:
Farid, Ahmad. 2010. 60 Biografi Ulama Salaf. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
🌾🌾🌾🌾🌾
______________
👍Zakat, infak, atau sedekah Anda untuk PPTQ At-Taqwa Sukoharjo bisa melalui transfer ke No. Rek (BRI): 6913-01-018205-53-4 a/n PP Tahfizhul  Qur'an At-Taqwa

📩Berlangganan tausiyah dari PPTQ At-Taqwa Nguter. Ketik "GABUNG" kirim via Whatsapp ke: +6285647172180

🔊Raih pahala dengan berbagi konten bermanfaat
Diberdayakan oleh Blogger.