Halloween party ideas 2015


Oleh Syeikh Aidh Al-Qarni
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

ٱقْرَأْ بِٱسْمِ رَبِّكَ ٱلَّذِى خَلَقَ

Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu yang Menciptakan,” (QS Al-Alaq: 01).

Alkisah zaman kepemimpinan khalifah Nashir di Andalus telah mengukir sejarah dengan tinta emas dalam bidang keilmuan, yakni diwajibkannya setiap rumah dari umat Islam di kala itu untuk memiliki perpustakaan.

Akan tetapi, tidak semua orang dari kita di hari ini yang berkenan membuat perpustakaan kecil untuk keluarga kita, meski hanya terdapat sekitar 100 buku saja dari berbagai bidang ilmu.

Seandainya semua anggota keluarga diharuskan untuk duduk di perpustakaan selama 30 menit setiap harinya untuk membaca, maka selama rentang waktu satu tahun ke depan kita telah membaca dan menelaah selama 180 jam. Dengan demikian, kita akan menjadi umat yang “sadar” dan masyarakat yang berpendidikan.

Ada pun menyia-nyiakan waktu, enggan untuk membaca dan malas untuk menelaah merupakan sebuah bukti atas kegagalan, kebodohan, dangkalnya cita-cita dan lemahnya hasrat. Jika keadaan kita tetap seperti ini, maka kita akan mengenyahkan kemuliaan yang terdapat pada diri kita sendiri umat Islam secara global. Yang tersisa kemudian hanyalah catatan sejarah tentang kemajuan, kegemilangan, dan tradisi umat yang begitu indah dan mengagumkan dunia.

Saya sampaikan kabar kepada Anda bahwa pesawat milik orang-orang Eropa telah berhasil menjangkau dan mendarat di planet Mars dan planet-planet lain di ruang angkasa. Sedangkan kita belum juga beranjak dari belahan bumi yang kita injak saat ini. Wallahu’alam bish shawwab.


Al-Qarni, Aidh. 2009. Assalamu’alaikum. Solo: Ziyad Visi Media.
Diberdayakan oleh Blogger.