Halloween party ideas 2015


Pertanyaan:
Mungkinkah menggunakan Alquran sebagai obat dari penyakit fisik? Jika iya, dapatkah Anda menyebutkan nama seseorang yang spesialis di bidang ini?

Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, di bawah pengawasan Syeikh Abdullah Faqih Asy-Syinqiti
Segala puji hanya bagi Allah, Rabb semesta alam. Saya bersaksi bahwa tidak ada Illah yang hak untuk diibadahi kecuali Allah, dan Muhammad adalah HambaNya dan UtusanNya.

Banyak manusia yang percaya bahwa Quran adalah obat bagi beberapa penyakit tertentu, seperti epilepsi (kejang), juga gejala-gejala lainnya yang berkaitan dengan kesurupan, tetapi bukan penyakit jasmani (fisik).

Hal ini bertentangan dengan ayat-ayat Alquran dan hadis yang relevan, yang menunjukkan bahwa Alquran adalah obat bagi penyakit jasmani.

Selain itu, Adzkar (zikir dan wirid) dan doa-doa yang sahih yang diajarkan oleh Rasulullah adalah obat bagi penyakit jasmani.

Allah berfirman, “Dan telah Kami turunkan Alquran sebagai penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman,” (QS Al-Isra: 82).

Ayat-ayat Alquran adalah penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Ibnu As-Sa’di Rahimahullah berkata bahwa Alquran mengandung penawar bagi semua penyakit, termasuk penyakit jasmani.

Allah berfirman, “Katakanlah, “Ia, bagi mereka yang beriman, adalah petunjuk dan penawar,” (QS 41: 44).

Ibnu As-Sa’di Rahimahullah mengambil kesimpulan dari ayat ini bahwa Alquran mengandung penawar bagi semua penyakit jasmani, dan juga penyakit hati, pikiran, dan jiwa.

Berikut adalah dalil sahih dari As-Sunah yang menunjukkan bahwa Alquran adalah penawar bagi penyakit jasmani:

1. Ketika Abu Said Al-Khudri Radhiyallahuanhu membaca Surat Al-Fatihah sebagai ruqyah (Quranic healing) bagi seorang nonmuslim yang sakit, Allah menyembuhkannya. Ketika Abu Said Al-Khudri Radhiyallahuanhu menyampaikan hal tersebut kepada Rasulullah , maka Rasulullah mengizinkan apa yang telah dilakukan Abu Said Al-Khudri, (HR Bukhari).

Ibnul Qayyim Rahimahullah, mengambil kesimpulan dari hadis ini bahwa dampak dari membaca Alquran sebagai ruqyah untuk menyembuhkan beberapa penyakit adalah lebih baik daripada dampak yang dihasilkan dari obat-obatan.

2. Rasulullah terbiasa membacakan Surat Al-Falaq dan An-Naas kepada anggota keluarganya yang sakit. Imam Muslim meriwayatkan hadis ini dari Ibunda Aisyah Radhiyallahuanha.

Ada banyak dalil yang berkaitan tentang masalah ini, tetapi apa yang telah disebutkan di atas kiranya mencukupi. Agar ruqyah benar-benar efektif sebagai penyembuh, orang yang meruqyah dan diruqyah harus memiliki keyakinan yang tulus kepada Allah .

Kami tidak bisa menyebutkan satu nama siapa yang bisa melakukan ruqyah kepada Anda. Ada banyak orang saleh yang bisa melakukannya, dan kami yakin Anda pun bisa menemukan salah satu dari mereka. Wallahu’alam bish shawwab.

Sumber:

Terjemah:
Irfan Nugroho

Staf pengajar di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Sukoharjo
Diberdayakan oleh Blogger.