Halloween party ideas 2015


Pertanyaan:
Saya masih memiliki hutang puasa Ramadhan beberapa hari dan saya ingin menjalankan puasa Asy-Syura. Bolehkah saya menjalankan puasa Asy-Syura sebelum saya melunasi hutang puasa Ramadhan? Bolehkah saya puasa di tanggal 10 dan 11 Muharram dengan niatan untuk melunasi hutang Puasa Ramadhan saya, dan akankah saya mendapat pahala dari mengerjakan puasa Asy-Syura (jika demikian halnya)?

Jawaban oleh Syeikh Muhammad bin Shalih Al-Munajjid

Alhamdulillah.
Pertama:
Tidak seharusnya Anda menjalankan puasa sunnah sedangkan Anda masih berhutang satu hari atau lebih puasa Ramadhan. Sebaliknya, Anda seharusnya memulai dengan puasa yang Anda lewati di bulan Ramadhan, lalu (jika sudah lunas) menjalankan puasa sunnah setelahnya.

Kedua:
Jika Anda berpuasa pada tanggal 10 dan 11 Muharram dengan niatan untuk mengganti hutang puasa Anda di bulan Ramadhan, hal itu diperbolehkan dan akan mengganti dua hari dari hutang puasa Anda.

Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Amal itu bergantung pasa niatnya, dan setiap manusia akan mendapatkan sesuai yang diniatkannya."

Fataawa al-Lajnah al-Daa’imah, 11/401

Kami berdoa semoga Anda akan mendapat pahala dari mengganti puasa (Ramadhan) yang terlewat, serta pahala puasa di hari itu (10-11 Muharram).

Fataawa Manaar al-Islam oleh Syeikh Muhammad bin Utsaimin: 2/358.

Sumber:
http://islamqa.info/en/21787

Diterjemahkan oleh:
Irfan Nugroho
Staf pengajar Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah.
====================
šŸ‘Zakat, infak, atau sedekah Anda untuk Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo bisa melalui transfer ke No. Rek (BRI): 6913-01-018205-53-4 a/n PP Tahfizhul  Qur'an At-Taqwa

šŸ“©Berlangganan tausiyah dari Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Nguter, Sukoharjo . Ketik "GABUNG" kirim via Whatsapp ke: +6285647172180

šŸ”ŠRaih pahala dengan berbagi konten bermanfaat
Diberdayakan oleh Blogger.